smile 「Fr★stwave」™: Tutorial Basic Re-Colour Weapon Point Blank Garena Indonesia

Senin, 22 Februari 2016

Tutorial Basic Re-Colour Weapon Point Blank Garena Indonesia




Assalamualaikum 

       ^ Ada salam dijawab dulu sob , kalau gak dijawab takut kena dosa nanti :)) . Selamat Pagi , Selamat Siang , Selamat Sore & Selamat Malam sobat yang berbahagia dimanapun & kapanpun sobat membaca post saya . Sebelumnya saya mau basa-basi dulu :v . Yang mau langsung To The Point Silahkan di scroll sendiri kebawah....... . Semoga masih ada orang yang mau lihat basa-basi saya :3 , sebenarnya post ini adalah post pertama saya dalam dunia Blog dan saya bingung mau saya isi apa karna saya buat blog karena
tugas dari Guru TIK saya . Setelah saya pikir-pikir post pertama kali di blog saya ini mau saya isi dengan kebiasaan dan kegemaran saya aja :)) daripada blognya diisi dengan postingan hasil CoPas orang lain .


Tutorial Basic Re-Colour Weapon Point Blank Garena Indonesia

       Pasti sobat merasa kalau senjata di PB itu-itu aja , paling kalau ada update dari Garena kita harus beli dengan Cash biar dapat mencoba senjatanya . Tapi gimana dengan nasib Trooper PB yang miskin Cash ??? (Seperti saya   ;-(  )Pastinya mudah bosan dengan PB dan pengenya buat senjata seperti yang diinginkan sesuai seleranya sendiri .

      Dengan alasan diatas saya mau membagikan Tutorial ini . Tutorial ini adalah Tutorial Basic (Tutorial Awal) jadi bagi sobat yang awam ngotak-atik PB dapat tenang karna pada tutorial ini akan saya bahas sampai tuntas . 
* Sebelumnya kita siapkan bahan-bahannya dulu :
1 . Adobe Potoshop CS (Versi berapa aja bisa , tapi pada contoh saya pakai yg versi 3 <kalo sobat belum punya bisa cari sendiri lewat googling>)
2. Game Point Blank Garena tentunya
3. I3 Tool (Buat mbongkar file PBnya<sobat yang belum punya bisa Click Here... 
>)
3. Komputer / Laptop sederajat buat ngeditnya
4. Es teh , Es Susu dll (Buat nemenin pas Mooding nanti)

5. Harus sabar (karna tutorial ini prosesnya panjang & sobat juga harus punya kesabaran tingkat tinggi)

Langkah-Langkahnya (Simak baik-baik jangan ngantuk  :-d )
Tahap A (Convert texture dari PB)
1. Extract File I3 Tool yang udah sobat download , lalu tunggu sebentar samapai proses extract selesai


2. Buka folder extract lalu buka aplikasi yang namanya I3Pack Tool



3. Pilih senjata yang mau dimodif dengan klik pojok kiri atas pada aplikasi

    NB : Senjata yang dipilih berwalan kata Weapon

            Misal saya mau edit senjata AUG A3 D

            jadi cari yang nama filenya : Weapon_AUG_A3

   Untuk letak lokasi file senjatanya ada di folder (Disk Sobat/GarenaPBID\gamedata\Apps\PBID\Pack)

   Misal di folder (E:\Game Online\GarenaPBID\gamedata\Apps\PBID\Pack)
4. Klik Open
5. Klik kanan 
6. Pilih Dump All Files 

    Letakkan pada folder yang sudah sobat buat , misalnya folder MOD(AUG A3)
7. Lalu kita buka Aplikasi hasil extract rar tadi yang namanya I3I Tool untuk convert biar bisa dibuka lewat       aplikasi pengedit foto


8. Klik dan drag file yang nama belakangnya .I3I ke aplikasi I3I Tool yang baru saja kita buka


9. Klik Convert This satu per satu

10. Maka akan muncul file belakangnya berextensi .DDS
So , sekarang tahap convert selesai  :>)
Tahap B (Re-colour / Ganti warna senjatanya)

1. Sekarang sobat buka Adobe Photosop CS nya (Wajib ada format DDSnya gan , kenapa ? Karena yang       sobat convert tadi berupa format DDS jadi bagi sobat yang belum punya bisa browsing dari google               dengan kata kunci < Plugins DDS for Adobe Photosop>)
2. Tunggu dulu sampai Adobe Photosop bener-bener udah kebuka
3. Klik File>
Open pilih folder tempat convert tadi , lalu pilih file yang sesuai
4. Klik new layer di bagian bawah pojok kanan (Biar lebih jelas lihat ScreenShootnya)

5. Pilih warna yang sobat inginkan 
6. Klik kanan tombol yang saya beri tanda , lalu pilih paint bucket


7. Lalu tuang ke layarnya (Layar Senjatanya)
8. Lho kok warna jadi berubah ? (Emang sob kalo warna jadi kaya gini itu malah betul , kalo warnanya lain       malah salah)


9. Cek dulu sob siapa tau ada yang ketinggalan tutornya hehe
10. Minum dulu Es Teh , Es Susu nya keburu cair esnya nanti 
11. Klik yang saya beri tanda
12. Pilih efek Overlay


13. Warna jadi keren / malah jadi jelek ? Kalau urusan itu efeknya bisa sobat ganti ke atas / ke bawah misal       Darken , Light , ato apalah yang lain .
14. Sobat udah dapat efek yang bagus ? < Ada pertanyaan jawab dulu =)) , kalau sudah klik tool yang sudah saya beri tanda 
15. Klik dari pojok ke pojok , sampai kurang lebih kaya gini 
16. Klik kanan > select 
inverse klik tombol delete di keyboard


17. Sekarang tinggal main imajinasi sobat masing-masing makai tool tadi (Sobat bisa mengedit senjatanya sesuai kreasi sobat dengan menggunakan tool yang udah tersedia di Adobe Photosop dan bisa ditambah gambar lain seperti besi , logo laen & graviti )
15. Sebagai contoh ini hasil editan saya (bagus jeleknya hasil tergantung faktor amal perbuatan :v )


16.Biar efek lebih kelihatan Real klik kanan diatas layer seperti gambar lalu pilih yang saya beri tanda

17. Sobat centang efeknya sesuai selera 


18. Udah merasa puas ? Kita coba dulu dihasil convertan game lain (contoh saya menggunakan senjata yang sudah diconvert ke Counter-Strike untuk menghindari boros waktu karna harus keluar masuk PB hanya untuk nyoba)

(Jelek Yah ? Wkwkwkwk maklum gan Newbie :v )

Tahap Re-Colour / Ganti Warna udah selesai sekarang kita ke Tahap selanjutnya
Tahap C (Re- Convert Ke Point Blank)
1. Klik File > Save As (Formatnya pilih DDS ya gan)

2. Sesuaikan bit pixel format yang baru dengan yang lama (Misal tadi DXT 1 sekarang juga harus kita save dengan pixel DXT 1 juga )


3. Klik Save > sobat namai sesuai nama senjata sebelumnya dengan awalan "converted"
    Misal namanya converted_AUG_A3.dds
4. Kalau sudah diteliti lagi sob , barangkali ada yang ketinggalan diambil dulu  :))
5. Kalau sudah sobat buka DDS Patcher (File .rar pertama kali yang diekstrak tadi)
6. Sobat pilih DDS (file hasil modifan yang ada convertednya) beserta file I3I(file original) sesuai dengan senjata yang kita edit

7. Klik Patch
8. Klik OK
9. Biar agan-agan sekalian gak lupa catat dulu nama file yang barus saja kita patch
9. Sobat buka I3PackTool
10. Klik nama yang sama dengan file yang baru saja di patch
11. Klik kanan > Replace this file with
12. Sobat pilih file yg baru saja di patch tadi 
13. Tinggal klik save
14. Mod sudah selesai tinggal dipasang

      Bagi sobat yang belum tau cara pasangnya silahkan simak baik-baik :v
      1. Sebelumnya kalau perlu buat backup file dulu
      2. Copy file hasil editan paling terakhir tadi (extensi belakangnya .i3pack)
      3. Patekan di (Disk Sobat/GarenaPBID\gamedata\Apps\PBID\Pack

      4. Kalau ada notice Replace tinggal klik Yes 
      5. Tinggal buka PB nya
      Preview Hasil Mod saya (yang mau minta contact fb saya):

NB Tambahan :
Mod PB bukanlah cheat , karena tidak mengganggu jalanya permainan (Damage , Akurasi , Fire Speed , Recoil , dll ) tidak berubah . Melainkan hanya gambar model senjata yang di komputer kita saja yang berubah . Sementara di komputer lainya tidak berubah .


Credits & Thanks To :
-. Frostwave Blog`s a.k.a blog ane a.k.a Yusuf for Tutorialnya
-. KeenHide (keenhidemoddercounterstrike.blogspot.com) & RedRascall (pasuruan-comunity.blogspot.com) for Tutorial Recolournya & udah mbantu saya
-. CounterStrike1412.blogpot.com for I3Toolnya (soalnya saya nemu toolnya disitu)


      Sekian tutorial dari saya , kalau agan ada kesulitan silahkan bertanya (contact fb saya / silahkan komentar) semoga dapat bermanfaat bagi sobat semuanya & semoga sobat dapat terinspirasi untuk mengedit game Point Blank . Dan maaf kalau artikelnya berantakan dan banyak cincongnya karena ini artikel pertama saya .

Wassalamualaikum

1 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *